Jurnal Batavia - Suara Aspirasi Publik

Pangdam XVIII/Kasuari: Masyarakat Papua Barat Bangga Memiliki Kodam XVIII/Kasuari

Mon, 6 Jul 2020 11:25:32pm Jurnal Batavia
Dibaca 2 Kali
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
IMG-20200706-WA0044

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra saat memimpin Acara Tradisi Satuan, Serah Terima Jabatan dan Penyerahan Tugas Pejabat Kodam XVIII/Kasuari, Senin (6/72020) pagi di Aula Makodam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

 

JURNAL BATAVIA-Dalam usia yang relatif muda ini, Kodam XVIII/Kasuari telah banyak berkiprah memberikan darma baktinya kepada Negara dan Bangsa Indonesia melalui berbagai kontribusi positif kepada TNI Angkatan Darat dalam menjaga keutuhan NKRI di wilayah Papua Barat. 

“Kita juga bisa berbangga karena kehadiran Kodam XVIII/Kasuari telah menjadi kebanggaan bagi  masyarakat di Papua Barat. Mereka bangga memiliki Kodam XVIII/Kasuari karena para prajuritnya menjunjung tinggi kearifan lokal masyarakat adat Papua Barat, juga implementasi dari sikap perilaku para Prajurit Kodam yang menjunjung tinggi nilai-nilai sebagai Prajurit Pelindung Rakyat,” kata Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P, M.Si.

Hal itu diungkapkannya saat memimpin Acara Tradisi Satuan, Serah Terima Jabatan dan Penyerahan Tugas Pejabat Kodam XVIII/Kasuari, Senin (6/72020) pagi di Aula Makodam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Lebih lanjut dikatakan, eksistensi Kodam XVIII/Kasuari yang baru berusia 3,5 tahun masih banyak memiliki kekurangan, baik dalam penataan organisasi, personel, pembinaan latihan, materiil, ketersediaan pangkalan, serta berbagai fasilitas lainnya. Oleh sebab itu Mayjen Ali Hamdan Bogra berharap agar pejabat  yang baru melakukan berbagai terobosan guna mengaselerasikan pembangunan Kodam XVIII/Kasuari dalam kurun waktu rencana stretegis (Renstra) 5 tahun ke depan. 

“Mudah-mudahan melalui proses mutasi besar ini akan membawa dampak positif pada pengembangan karier para pejabat yang akan pindah satuan dari Kodam XVIII/Kasuari dan kehadiran para pejabat baru diharapkan dapat membawa semangat baru, meningkatkan kinerja, dan prestasi satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari,” harap Pangdam.

Dirinya yakin dan percaya, dengan bekal pengalaman tugas pada jabatan sebelumnya, para pejabat baru tersebut akan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab jabatannya  yang baru dengan baik dan berhasil.

Adapun kepada para pejabat  yang akan meninggalkan Kodam XVIII/Kasuari dan akan melanjutkan penugasan ke berbagai Satuan TNI AD di luar Provinsi Papua Barat, Mayjen Ali Hamdan Bogra juga menyampaikan pesannya.

”Tetaplah menjadi Prajurit ‘Patriot Pembela Rakyat’ sebagai nilai-nilai luhur yang dijunjung tinggi oleh para Prajurit Kodam XVIII/Kasuari. Tetaplah jaga hubungan silaturahmi dengan almamater ini dan saya berharap setelah para perwira bertugas pada jabatan yang baru nantinya agar tetap dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan Kodam XVIII/Kasuari,” pesannya.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut Jenderal bintang dua ini mengingatkan kepada seluruh para Prajurit Kodam XVIII/Kasuari, khususnya yang hadir pada acara tersebut untuk menyikapi dengan baik dan benar kondisi saat ini, yakni dengan masih merebaknya wabah Virus Corona (Covid-19) di tengah-tengah kehidupan masyarakat. 

Sebagai upaya untuk tidak tertular virus tersebut, menurut Pangdam perlu upaya untuk selalu menjaga diri dalam kehidupan sehari-hari, dengan menjaga kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh.

”Menjaga kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan berolahraga yang teratur  serta tetap menerapkan protokol kesehatan dimana pun berada dan bertugas, yaitu dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk penggunaan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sesering mungkin, sehingga kita terhindar dari pandemi Virus Corona tersebut,” kata Mayjen Ali Hamdan Bogra.

Untuk diketahui, acara ini merupakan realisasi/tindak lanjut dari Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Keputusan/503/VI/2020 tanggal 08 Juni 2020, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Angkatan Darat.

Terdapat 34 jabatan di lingkungan Kodam XVIII/Kasuari yang diserahterimakan pada acara ini, diantaranya jabatan Danrindam, 6 jabatan Asisten, 15 jabatan Kabalakdam, dan 8 Staf Ahli Kodam, serta pejabat setingkat kolonel sebagai bagian dari mutasi di lingkungan TNI Angkatan Darat dalam bentuk Tour Of Duty (TOD) dan Tour Of Area (TOA), sekaligus sebagai bagian dari proses pembinaan personel.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdam XVIII/Kasuari, Irdam, Kapok Sahli Pangdam, para pejabat Kodam XVIII/Kasuari, dan Ketua beserta para Pengurus Persit KCK PD XVIII/Kasuari.(YDH)

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Bukan Pertama Kalinya Ada Mafia Hukum di Kejati Kepri

Sun, 6 Jun 2021 11:11:22pm

Foto: Gedung Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau.    JURNAL BATAVIA-Dugaan praktek mafia hukum di tubuh Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau...

Bank Mega Diminta Ganti Rugi Dana Nasabah Akibat Dugaan Pembobolan Rp 33,45 Miliar

Tue, 25 May 2021 10:36:10pm

Foto: Ilustrasi.    JURNAL BATAVIA - Sembilan nasabah Bank Mega yang tabungannya diduga dibobol pejabat bank menuntut pimpinan dan pemilik bank...

Atlet Karate Indonesia Bertekad Tingkatkan Prestasi di Kejuaraan Internasional

Sun, 23 May 2021 12:21:43am

Manager Pelatnas Mayjen TNI Sapriadi.    JURNAL BATAVIA - PB FORKI terus bertekad meningkatkan prestasi para atlet karate di Indonesia....

Kejati Banten Sukses Mendorong Percepatan Investasi Sebesar 59 Triliun

Wed, 19 May 2021 09:46:13pm

Foto: Istimewa.      JURNAL BATAVIA - Keberhasilan demi keberhasilan terus ditunjukkan jajaran Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten. Tak cuma...

Purnawirawan, Istri, dan Warakawuri TNI AD di Wilayah Manokwari Papua Barat Mulai Divaksin AstraZeneca

Wed, 19 May 2021 10:00:20am

Foto: Pendam XVIII/Kasuari.   JURNAL BATAVIA - Menindaklanjuti perintah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa pada...

Ketum Partai UKM Pecat Sekjen Syafruddin Budiman

Sun, 9 May 2021 02:20:48pm

Istimewa.  JURNAL BATAVIA - Partai Usaha Kecil Menengah (UKM) kini dilanda konflik internal. Konflik terjadi antara Ketua Umum Partai...

Korban Mafia Tanah Minta Perlindungan Hukum Kapolri dan Jaksa Agung

Thu, 15 Apr 2021 05:46:57pm

Foto: Istimewa.    JURNAL BATAVIA - Seorang Pencari Kadilan, Zaenal Tayeb, korban mafia hukum di kepolisian dan kejaksaan  wilayah Bali,...

Bidang Intelijen Kejaksaan Agung Optimis Raih Predikat Zona Integritas WBK Dan WBBM

Wed, 7 Apr 2021 10:42:09pm

Wakil Jaksa Agung, Setia Untung Arimuladi.    JURNAL BATAVIA - Satuan kerja (Satker) pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (Jamintel)...

PN Teluk Kuantan Kabulkan Gugatan Praperadilan Kepala BPKAD Kuansing

Mon, 5 Apr 2021 05:45:30pm

Logo Pengadilan Negeri Teluk Kuantan.    JURNAL BATAVIA-Hakim Pengadilan Negeri Teluk Kuantan, Riau mengabulkan gugatan praperadilan  yang...

Anomali Presidenthial Treshold Dalam Negara Demokrasi 

Sun, 14 Mar 2021 12:19:58pm

Oleh: Muhammad Hasan Basri Peneliti Indonesia Justice Watch   JURNAL BATAVIA - Presidenthial Threshold (ambang batas) merupakan syarat...

Berita Terbaru

Politik

Ekonomi & Bisnis

Visitor

Pengunjung Online          :   0
Pengunjung Hari Ini         :   10
Pengunjung Terakhir      :   15
Pengunjung Kemarin      :   124
Total Pengunjung               :   36768