Jurnal Batavia - Suara Aspirasi Publik
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares
IMG-20200624-WA0065

Sumber foto: Penerangan Komando Daerah Militer (Kodam) XVIII/Kasuari.

 

JURNAL BATAVIA-Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si dan Ketua Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) Pengurus Daerah (PD) XVIII/Kasuari Retno Ali Hamdan Bogra, didampingi Irdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Steverly C. Parengkuan, Kapok Sahli Pangdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Drajad Bima Yoga, S.I.P., M.H, dan Pabanda Ops Kodam XVIII/Kasuari kembali melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke wilayah tugas Kodam yang melingkupi Provinsi Papua Barat.

Kali ini, Pangdam dan rombongan mengunjungi Kabupaten Tambrauw, Raja Ampat, dan Sorong. Wilayah Tambrauw dan Raja Ampat adalah daerah yang baru pertama kali dikunjungi Mayjen Ali Hamdan Bogra sejak dilantik menjadi Pangdam XVIII/Kasuari pada Mei 2020 lalu.

Rombongan yang berangkat dari Makodam XVIII/Kasuari di Manokwari, Selasa (23/6/2020) pagi menggunakan pesawat Cassa TNI AD tersebut menuju Tambrauw sebagai tujuan pertamanya. Pangdam dan rombongan yang datang hendak melihat langsung sejauhmana proses pembangunan Markas Kodim 1820/Tambrauw, disambut oleh Bupati Tambrauw, Gabriel Asem, SE, M.Si.

“Bupati tidak bisa seorang diri namun butuh institusi lainnya, dalam hal ini adalah TNI. Jadi TNI yang sekarang ada di sini bukan pasukan untuk perang namun hanya Pembinaan Teritorial (Binter) saja, mendampingi, membina masyarakat, dan mempersiapkan generasi kita kalau ada yang ingin menjadi militer, dan sudah disediakan kuota sebanyak 100 orang. Jadi siapkan anak-anak kita untuk dididik menjadi tentara,” kata Bupati dalam sambutannya dihadapan para tamu Kodam ini.

Bupati berharap warga masyarakat Kabupaten Tambrauw dapat menerima kesempatan besar ini, karena dengan menjadi pegawai negeri akan menerima gaji.

“Kemudian nantinya personel yang akan datang di Kabupaten Tambrauw ini sekitar 300-500 orang. Dengan begitu akan dapat menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Tambrauw, karena pasti mereka berbelanjanya ke masyarakat di sini,” ungkapnya. 

Menyikapi apa yang disampaikan oleh Bupati dan beberapa pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh beberapa masyarakat Kabupaten Tambrauw, Pangdam XVIII/Kasuari mengutarakan bahwa perlu diketahui di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke, TNI khususnya Angkatan Darat terus membangun satuan-satuan baru, baik Kodim maupun Batalyon.

“Saya sudah sampaikan kepada Gubernur Papua Barat bahwa saya punya cita-cita untuk merekrut anak-anak Papua di tiap-tiap Kabupaten. Kalau bisa 100 orang kita siapkan untuk menjadi Prajurit dan bertugas di satuan-satuan kita yang baru. Jadi bapak-bapak yang di Kodim persiapan ini, datang ke sini bersifat untuk sementara mengisi anggota Kodim-Kodim yang ada. Harapannya, ke depan kita punya adik-adik, anak-anak yang kita rekrut dan kita tempatkan di sini” ucap Pangdam XVIII/Kasuari.

“Jadi kita siapkan anak-anak kita dan semoga dengan kehadiran Kodim perekonomian semakin berkembang dan maju karena tentara dari rakyat  dan nantinya akan kembali ke rakyat,” tambah Mayjen Ali Hamdan Bogra.

Raja Ampat dan Sorong

Dari Tambrauw, Pangdam dan rombongan menuju ke Kodim 1805/Raja Ampat. Setelah menerima paparan tentang Geografi, Demografi, dan Kondisi Sosial, serta dinamika tugas Kodim dari Dandim 1805/Raja Ampat Letkol Inf Josef Paulus Kaiba, tamu dari Kodam XVIII/Kasuari ini berkeliling melihat sarana dan prasarana di Markas Kodim  yang berada di Waisai, Waigeo Selatan ini.

Selanjutnya rombongan bertolak ke Kabupaten Sorong dan disambut oleh para pejabat Forkompimda Kabupaten Sorong, dipimpin Bupati Dr. Johny Kamuru, S.H., M.Si. Tampak juga hadir dalam penyambutan Pangdam XVIII/Kasuari dan Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari di Bandara Deo, Sorong, Papua Barat ini, Danrem 181/PVT Brigjen TNI Yulius Selvanus dan Anik Yulius Selvanus, Kasrem 181/PVT Kolonel Inf Hariyanto dan isteri, para Kasi Korem 181/PVT, para Dansat, dan Kabalak Aju jajaran Korem 181/PVT. 

“Saya sangat bersyukur karena dengan adanya TNI bersinergi dengan Pemda, Kepolisian serta unsur terkait lainnya di Kabupaten Sorong ini, masalah sekarang yang dihadapi yaitu Covid-19 dapat diatasi dengan baik,” ujar Bupati dalam sambutannya dihadapan rombongan Pangdam yang datang berkunjung ke Sorong.

“Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan terimakasih kepada bapak Pangdam, karena ini satu kehormatan bagi kami Pangdam sudah dapat hadir di sini dan sudah membangun komunikasi yang baik selama ini,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen Ali Hamdan Bogra mengungkapkan bahwa selaku pejabat Panglima Kodam yang baru, dirinya sudah melakukan kunker ke berbagai wilayah di lingkup tugas Kodam XVIII/Kasuari, mulai dari Kaimana, Fakfak, Sorong Selatan, Maybrat, Bintuni, Pegaf, Tambrauw, Raja Ampat dan ke beberapa Polres yang ada di sana.

“Perlu kami sampaikan bahwa Kodam kami ini masih baru, jadi masih sibuk membenahi diri. Di beberapa tempat nanti kita bangun Kodim-Kodim dan saya sudah datangi tempat-tempat tersebut, dan akan segera kita resmikan. Dengan demikian maka satuan-satuan bawah kita ini akan membutuhkan banyak personel untuk mengisi satuan-satuan baru tersebut. Oleh karenanya, kami harapkan kepada bapak Bupati agar berkomunikasi dengan Kodim yang ada di sini, sehingga kita bisa merekrut putra-putri kita dari daerah Sorong untuk diterima menjadi Prajurit TNI AD,” kata Pangdam Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra.

“Dengan adanya satuan-satuan tersebut diharapkan perkembangan Kabupaten Sorong semakin baik kedepannya. Mengenai permasalahan lahan untuk satuan-satuan baru Kodam XVIII/Kasuari ini bisa ditindaklanjuti, sehingga menjadi harapan kami untuk bisa didirikan atau dibangun di Kabupaten Sorong ini,” sambungnya.(YDH)

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Bidang Intelijen Kejaksaan Agung Optimis Raih Predikat Zona Integritas WBK Dan WBBM

Wed, 7 Apr 2021 10:42:09pm

Wakil Jaksa Agung, Setia Untung Arimuladi.    JURNAL BATAVIA - Satuan kerja (Satker) pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (Jamintel)...

PN Teluk Kuantan Kabulkan Gugatan Praperadilan Kepala BPKAD Kuansing

Mon, 5 Apr 2021 05:45:30pm

Logo Pengadilan Negeri Teluk Kuantan.    JURNAL BATAVIA-Hakim Pengadilan Negeri Teluk Kuantan, Riau mengabulkan gugatan praperadilan  yang...

Anomali Presidenthial Treshold Dalam Negara Demokrasi 

Sun, 14 Mar 2021 12:19:58pm

Oleh: Muhammad Hasan Basri Peneliti Indonesia Justice Watch   JURNAL BATAVIA - Presidenthial Threshold (ambang batas) merupakan syarat...

Kajari Pangkalpinang Jefferdian Gelar Vaksinasi Covid-19

Wed, 10 Mar 2021 09:52:26am

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pangkalpinang, Jefferdian SH MH, saat memimpin langsung jajarannya melaksanakan suntikan vaksinasi Covid -19. Foto:...

Tertarik Dengan Bisnis Raja Molen, Wakil Ketua BUMDes Tawarkan Kerjasama

Sat, 27 Feb 2021 05:22:42pm

Istimewa.    JURNAL BATAVIA - Pemantapan kerjasama BUMdes Badan Usaha Milik Desa, mitra usaha Desa Sindangkempeng Kecamatan Greged Kabupaten...

Kejagung Periksa ES dan 7 Direksi Perusahaan Sekuritas

Fri, 26 Feb 2021 07:54:13am

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak.    JURNAL BATAVIA-Tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus)...

Menuju Zona Integritas WBBM, Jampidum Ajak Jajarannya Mengubah Paradigma Lama

Wed, 24 Feb 2021 03:43:50pm

Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum), Fadil Zumhana bersama Sekretaris Jampidum Yunan Harjaka dan jajaran Direktur Bidang Pidana Umum saat...

Koramil 06/Setiabudi Laksanakan PPKM, Danramil: Untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Tue, 23 Feb 2021 12:18:33pm

Istimewa.    JURNAL BATAVIA - Koramil 06/ Setiabudi, Kodim 0504/Jakarta Selatan tidak henti-hentinya melaksanakan penerapan protokol...

Membumikan Pancasila Adalah Elemen Penting Sistem Ketahanan

Fri, 12 Feb 2021 05:36:15pm

Kuliah ilmu Pancasila dan Pemantapan Nilai Nilai Kebangsaan di Jakarta Pusat, Rabu (10/2/2021).     JURNAL BATAVIA-Tenaga Profesional...

Kejari Kota Bogor Hentikan Penuntutan Ustad Maheer

Wed, 10 Feb 2021 06:09:19pm

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak.  JURNAL BATAVIA- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor...

Berita Terbaru

Politik

Ekonomi & Bisnis

Visitor

Pengunjung Online          :   0
Pengunjung Hari Ini         :   45
Pengunjung Terakhir      :   51
Pengunjung Kemarin      :   260
Total Pengunjung               :   33389