Jurnal Batavia - Suara Aspirasi Publik

Gubernur Bengkulu Dikritik Soal Jumlah Kasus Covid 19 dan Bukber 

Wed, 13 May 2020 12:12:16am Jurnal Batavia
Dibaca 35 Kali
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
IMG-20200512-WA0073

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah diduga saat berbuka puasa bersama dengan kader DPD Partai Golkar Bengkulu. 

JURNAL BATAVIA-Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah terus mendapatkan kritik terkait meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 di Bengkulu. 

Menurut pengamat politik, Pangi Syarwi Chaniago, makin banyaknya warga yang positif karena peran pemerintah daerah yang gagal menekan laju penyebarannya. Dan ini terkait dengan kepemimpinan kepala daerah sebagai ketua gugus tugas Covid-19. 

“Seorang pemimpin harus yang terdepan, memberi contoh penanganan covid-19. Jika pemimpinnya tak memberi contoh yang baik berarti sudah gagal, sebagai darurat kesehatan wajib dicegah dan ditanggulangi semua daerah,” kata Pangi kepada media, Selasa (12/5/2020).

Seperti diketahui, jumlah kasus positif Covid-19 di Provinsi Bengkulu terus mengalami peningkatan beberapa hari terakhir. Bahkan pada 9 Mei 2020, peningkatannya sampai tiga kali lipat dari semula 14 kasus menjadi 37 kasus, dengan jumlah tambahan 23 kasus baru.

Yang mengejutkan, dari tambahan kasus itu 16 di antaranya adalah tenaga kesehatan (nakes), terdiri dari 6 dokter dan 10 tenaga medis lainnya. Selain itu, terdapat pula 4 perwira polisi dari kalangan pejabat Polda Bengkulu, termasuk mantan Kapolda Bengkulu Irjen Supratman yang baru saja terkena mutasi.

Selain jumlah kasus positif, Pangi juga menyoroti kegiatan Rohidin yang diduga abaikan instruksi presiden dan maklumat Kapolri. Jika itu benar, artinya  pemerintah daerah menyepelekan penyebaran virus sehingga abai dalam melakukan upaya pencegahan dan mitigasi. Penerapatan protokol kesehatan juga sangat lemah sehingga Covid-19 mengancam semua lapisan masyarakat di daerah.

Menurutnya seharusnya Gubernur Rohidin Mersyah selaku Ketua Gugus Tugas Provinsi Bengkulu serius memimpin perang melawan Covid-19 di daerahnya. Keseriusan itu dapat ditunjukkan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat, penerapan protokol yang ketat, termasuk refocusing dan relokasi anggaran terutama untuk kelengkapan alat-alat kesehatan.

“Yang terjadi kan justeru sebaliknya. Saya dengar gubernurnya malah buka puasa bersama,” ujarnya.

Apa pun alasan di balik acara buka bersama itu, kata Pangi, perilaku Rohidin tersebut sangat disayangkan. Perilaku itu tak dapat diterima akal sehat mengingat di saat bersamaan masyarakat terus diminta tinggal rumah dan menjaga jarak (physical distancing).

Pangi menyatakan, apa yang dilakukan Rohidin bahkan bisa dikategorikan pengabaian terhadap imbauan dan instruksi presiden atau pemerintah pusat. Dan saat dia ikut bukber, maka saat itu dia gagal menjadi pemimpin.

“Dia membangkang terhadap ucapannya sendiri. Nyuruh orang di rumah, jaga jarak, dia sendiri kumpul-kumpul buka bersama,” tandasnya.

Dengan perilaku kepala daerah seperti itu yang cenderung mengabaikan, wajar jika pada laju orang terpapar corona makin banyak. Bahkan banyak tenaga medis dan aparat yang tertular. Meskipun tenaga medis selama ini paling memahami prosedur penanganan kesehatan, tetapi di tengah situasi pandemik, hal-hal seperti lingkungan yang kondusif, budaya kerja yang mendukung, serta persamaan visi dan persepsi juga kerja sama sangat penting dibangun dan digalakkan. 

Sebelumnya, kepada wartawan Jumat (8/5/2020), Gubernur Rohidin Mersyah membantah perihal beredarnya foto dirinya dan kader Partai Golkar Bengkulu sedang berbuka puasa bersama seperti ramai diberitakan media.

Menurutnya, saat itu pihaknya tidak sedang berbuka puasa bersama, melainkan berbuka puasa secara spontan yang disesuaikan dengan protokol kesehatan. 

Hal itu dilakukannya usai pihaknya melakukan kegiatan bakti sosial dengan membagikan takjil dan masker kepada masyarakat. 

Dia juga menegaskan, dirinya selalu komit untuk mendukung langkah pemerintah terkait pencegahan penularan Covid-19. Seperti mengkampanyekan bagaimana menjaga phisycal distancing dan socil distancing.(YDH)

 

 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Bidang Intelijen Kejaksaan Agung Optimis Raih Predikat Zona Integritas WBK Dan WBBM

Wed, 7 Apr 2021 10:42:09pm

Wakil Jaksa Agung, Setia Untung Arimuladi.    JURNAL BATAVIA - Satuan kerja (Satker) pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (Jamintel)...

PN Teluk Kuantan Kabulkan Gugatan Praperadilan Kepala BPKAD Kuansing

Mon, 5 Apr 2021 05:45:30pm

Logo Pengadilan Negeri Teluk Kuantan.    JURNAL BATAVIA-Hakim Pengadilan Negeri Teluk Kuantan, Riau mengabulkan gugatan praperadilan  yang...

Anomali Presidenthial Treshold Dalam Negara Demokrasi 

Sun, 14 Mar 2021 12:19:58pm

Oleh: Muhammad Hasan Basri Peneliti Indonesia Justice Watch   JURNAL BATAVIA - Presidenthial Threshold (ambang batas) merupakan syarat...

Kajari Pangkalpinang Jefferdian Gelar Vaksinasi Covid-19

Wed, 10 Mar 2021 09:52:26am

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pangkalpinang, Jefferdian SH MH, saat memimpin langsung jajarannya melaksanakan suntikan vaksinasi Covid -19. Foto:...

Tertarik Dengan Bisnis Raja Molen, Wakil Ketua BUMDes Tawarkan Kerjasama

Sat, 27 Feb 2021 05:22:42pm

Istimewa.    JURNAL BATAVIA - Pemantapan kerjasama BUMdes Badan Usaha Milik Desa, mitra usaha Desa Sindangkempeng Kecamatan Greged Kabupaten...

Kejagung Periksa ES dan 7 Direksi Perusahaan Sekuritas

Fri, 26 Feb 2021 07:54:13am

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak.    JURNAL BATAVIA-Tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus)...

Menuju Zona Integritas WBBM, Jampidum Ajak Jajarannya Mengubah Paradigma Lama

Wed, 24 Feb 2021 03:43:50pm

Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum), Fadil Zumhana bersama Sekretaris Jampidum Yunan Harjaka dan jajaran Direktur Bidang Pidana Umum saat...

Koramil 06/Setiabudi Laksanakan PPKM, Danramil: Untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Tue, 23 Feb 2021 12:18:33pm

Istimewa.    JURNAL BATAVIA - Koramil 06/ Setiabudi, Kodim 0504/Jakarta Selatan tidak henti-hentinya melaksanakan penerapan protokol...

Membumikan Pancasila Adalah Elemen Penting Sistem Ketahanan

Fri, 12 Feb 2021 05:36:15pm

Kuliah ilmu Pancasila dan Pemantapan Nilai Nilai Kebangsaan di Jakarta Pusat, Rabu (10/2/2021).     JURNAL BATAVIA-Tenaga Profesional...

Kejari Kota Bogor Hentikan Penuntutan Ustad Maheer

Wed, 10 Feb 2021 06:09:19pm

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak.  JURNAL BATAVIA- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor...

Berita Terbaru

Politik

Ekonomi & Bisnis

Visitor

Pengunjung Online          :   0
Pengunjung Hari Ini         :   51
Pengunjung Terakhir      :   57
Pengunjung Kemarin      :   260
Total Pengunjung               :   33395