Jurnal Batavia - Suara Aspirasi Publik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
downloadfile-11

Melalui bhakti sosial, organisasi wanita se-Jawa Barat menyalurkan bantuan terhadap korban terdampak banjir di Kabupaten Bekasi. Istimewa.

JURNAL BATAVIA– Organisasi wanita se-Jawa Barat melakukan bhakti sosial terhadap korban terdampak banjir di tiga kecamatan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. 

Mereka di antaranya, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra, Bhayangkari dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD).

“Bhakti Sosial di tiga kecamatan itu diinisiasi oleh Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Bekasi yakni ibu Bupati Kabupaten Bekasi  Hj Holilah Eka Supria Atmaja,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bekasi, Raden Roro Mahayu Dian Suryandari, yang hadir bersama Dandim 0509 mewakili Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bekasi, kemarin.

Bhakti sosial yang digelar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Tarumajaya, Kecamatan Babelan dan Kecamatan Tambun Utara itu juga dihadiri Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi.

Menurut Kajari Kabupaten Bekasi, bantuan yang diberikan kepada masyarakat di tiga kecamatan yang terdampak banjir itu berupa sembako, selimut, susu balita dan beberapa kebutuhan masyarakat lainnya.

Bantuan diterima langsung oleh Camat Tarumajaya, Lepala Desa Samudra Jaya, Kepala Desa Pantai Makmur, Camat Babelan, Kepala Desa Buni Bhakti, Camat Tambun Utara dan Kepala Desa Sriamur.

“Masyarakat sangat menyambut baik dan antusias terhadap Bhakti Sosial itu,” kata Ayu Dian, sapaan akrab Kajari Kabupaten Bekasi itu.

Ayu Dian mengungkapkan, kondisi di Kecamatan Tarumajaya yakni di Desa Pantai Makmur masih tersisa genangan sekitar 60-80 cm. Sebagian besar pengungsi di posko Desa Samudra Jaya sudah kembali ke rumah masing2. Namun dapur umum  pagi tadi masih melayani.

Lalu di Desa Buni Bhakti, Kecamatan Babelan, genangan masih sekitar 30 cm, namun sudah tidak ada pengungsi. “Sedangkan di Desa Sriamur dan Srijaya, Kecamatan Tambun Utara, kondisi tampak cukup parah terdampak banjir. Namun demikian pengungsi sudah kembali ke rumahnya masing-masing,” jelas Ayu Dian.

Sebelumnya, pada tanggal 2 Januari 2020, Raden Rara Mahayu Dian Suryandari bersama jajaran Kejari Kabupaten Bekasi menggelar Bhakti Sosial untuk masyarakat di Desa Karang Satu, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, yang terkena musibah terdampak banjir.

Seperti diketahui awal tahun baru 2020, Desa Karang Satu, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, dilanda hujan dan petir seharian. Akibatnya tak bisa dihindari banjir pun melanda wilayah ini.

Jalan dari satu lokasi ke lokasi lainnya juga terhalang dan terputus oleh air banjir yang merendam wilayah ini. Bahkan tidak kurang 500 hektar sawah masyarakat terendam banjir.

Mengetahui musibah tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bekasi, Raden Rara Mahayu Dian Suryandari, langsung mengambil inisiatif bersama jajarannya menggelar bhakti sosial di desa yang terdampak banjir tersebut.

“Karena spontanitas, seadanya saja yang kami berikan seperti mie instant, air mineral, 200 nasi kotak dan roti,”

Dalam kegiatan aksi bhakti sosial itu, Ayu yang mengenakan pakaian dinasnya dan sandal jepit itu, terjun langsung menyusuri jalan-jalan di lokasi yang terdampak banjir tersebut.

Wanita berjilbab ini tak segan-segan menyapa dan menyalami setiap anggota masyarakat yang ditemuinya seraya meminta anggota masyarakat itu untuk bersabar dan tawakal dalam menghadapi musibah banjir yang terjadi.

“Kami sangat peduli dan penuh perhatian terhadap masyarakat, termasuk yang terkena musibah banjir ini, sekaligus menunjukkan bahwa negara hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat,” ujar Ayu.(YDH)

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Bukan Pertama Kalinya Ada Mafia Hukum di Kejati Kepri

Sun, 6 Jun 2021 11:11:22pm

Foto: Gedung Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau.    JURNAL BATAVIA-Dugaan praktek mafia hukum di tubuh Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau...

Bank Mega Diminta Ganti Rugi Dana Nasabah Akibat Dugaan Pembobolan Rp 33,45 Miliar

Tue, 25 May 2021 10:36:10pm

Foto: Ilustrasi.    JURNAL BATAVIA - Sembilan nasabah Bank Mega yang tabungannya diduga dibobol pejabat bank menuntut pimpinan dan pemilik bank...

Atlet Karate Indonesia Bertekad Tingkatkan Prestasi di Kejuaraan Internasional

Sun, 23 May 2021 12:21:43am

Manager Pelatnas Mayjen TNI Sapriadi.    JURNAL BATAVIA - PB FORKI terus bertekad meningkatkan prestasi para atlet karate di Indonesia....

Kejati Banten Sukses Mendorong Percepatan Investasi Sebesar 59 Triliun

Wed, 19 May 2021 09:46:13pm

Foto: Istimewa.      JURNAL BATAVIA - Keberhasilan demi keberhasilan terus ditunjukkan jajaran Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten. Tak cuma...

Purnawirawan, Istri, dan Warakawuri TNI AD di Wilayah Manokwari Papua Barat Mulai Divaksin AstraZeneca

Wed, 19 May 2021 10:00:20am

Foto: Pendam XVIII/Kasuari.   JURNAL BATAVIA - Menindaklanjuti perintah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa pada...

Ketum Partai UKM Pecat Sekjen Syafruddin Budiman

Sun, 9 May 2021 02:20:48pm

Istimewa.  JURNAL BATAVIA - Partai Usaha Kecil Menengah (UKM) kini dilanda konflik internal. Konflik terjadi antara Ketua Umum Partai...

Korban Mafia Tanah Minta Perlindungan Hukum Kapolri dan Jaksa Agung

Thu, 15 Apr 2021 05:46:57pm

Foto: Istimewa.    JURNAL BATAVIA - Seorang Pencari Kadilan, Zaenal Tayeb, korban mafia hukum di kepolisian dan kejaksaan  wilayah Bali,...

Bidang Intelijen Kejaksaan Agung Optimis Raih Predikat Zona Integritas WBK Dan WBBM

Wed, 7 Apr 2021 10:42:09pm

Wakil Jaksa Agung, Setia Untung Arimuladi.    JURNAL BATAVIA - Satuan kerja (Satker) pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (Jamintel)...

PN Teluk Kuantan Kabulkan Gugatan Praperadilan Kepala BPKAD Kuansing

Mon, 5 Apr 2021 05:45:30pm

Logo Pengadilan Negeri Teluk Kuantan.    JURNAL BATAVIA-Hakim Pengadilan Negeri Teluk Kuantan, Riau mengabulkan gugatan praperadilan  yang...

Anomali Presidenthial Treshold Dalam Negara Demokrasi 

Sun, 14 Mar 2021 12:19:58pm

Oleh: Muhammad Hasan Basri Peneliti Indonesia Justice Watch   JURNAL BATAVIA - Presidenthial Threshold (ambang batas) merupakan syarat...

Berita Terbaru

Politik

Ekonomi & Bisnis

Visitor

Pengunjung Online          :   0
Pengunjung Hari Ini         :   9
Pengunjung Terakhir      :   14
Pengunjung Kemarin      :   124
Total Pengunjung               :   36767