Jurnal Batavia - Suara Aspirasi Publik

Untung Diangkat Sebagai Wakil Jaksa Agung, Jaksa Agung: Sudah Sesuai Ketentuan 

Sun, 3 May 2020 01:00:58am Jurnal Batavia
Dibaca 40 Kali
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
¿
Jaksa Agung Republik Indonesia, Sanitiar Burhanuddin saat memberikan keterangan pers di Aula Baharuddin Lopa, Kejaksaan Agung, Jakarta, beberapa waktu lalu. 
 
 
JURNAL BATAVIA-Jaksa Agung ST Burhanuddin memastikan pengangkatan Setia Untung Arimuladi sebagai Wakil Jaksa Agung sudah sesuai ketentuan.
 
Dalam hal ini, berdasarkan Keputusan Presiden RI (Keppres) Nomor : 76/TPA Tahun 2020 tanggal 27 April 2020 dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 
 
“Sesuai pasal 23 ayat 3 UU 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia, dinyatakan bahwa yang dapat diangkat menjadi Wakil Jaksa Agung adalah Jaksa Agung Muda, atau yang dipersamakan dengan memperhatikan jenjang dan jabatan karir,” kata Jaksa Agung ST Burhanuddin dalam live streaming di kanal youtube, Sabtu (2/5/2020). 
 
Pernyataan Jaksa Agung ini sekaligus menangkal rumor bahwa Wakil Jaksa Agung harus merupakan mantan Jaksa Agung Muda. 
 
Pasalnya, Untung merupakan pejabat eselon 1a yang kini mengisi jabatan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Kabandiklat) Kejaksaan RI. Ditegaskan Jaksa Agung, jabatan Kabandiklat Kejaksaan adalah setara dengan jabatan Jaksa Agung Muda. 
 
“Setia Untung Arimuladi, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI dalam jabatan struktural eselon 1a merupakan jabatan struktural yang sama dengan jabatan struktural para Jaksa Agung Muda,” tegas Jaksa Agung.
 
Di sisi lain, Jaksa Agung juga menjelaskan bahwa Setia Untung Arimuladi mempunyai perjalananan jenjang karir yang cemerlang selama berdinas di Kejaksaan RI. Untung pernah beberapa kali menduduki jabatan struktural yang strategis. 
 
Di antaranya, Asisten Khusus Jaksa Agung RI (02 Agustus 2011), Kapuspenkum Kejagung RI (08 Nopember 2012), Kajati Riau (28 Mei 2014), Karo Umum pada Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejagung RI (13 Mei 2015), Kajati Jabar (02 Juni 2016), Sesjam Intel (23 Oktober 2017), Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI (15 Nopember 2017 – hingga sekarang). 
 
“Disamping menduduki jabatan struktural tersebut ternyata Setia Untung Arimuladi merupakan pelopor perubahan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sehingga untuk yang pertama kali mendapat predikat WBK sekaligus WBBM dari Kementerian PAN RB Republik Indonesia,” jelasnya. 
 
Dengan memperhatikan segudang prestasi tersebut maka Jaksa Agung menilai bahwa pengangkatan  Setia Untung Arimuladi, sebagai Wakil Jaksa Agung RI adalah tepat dan sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
 
Diberitakan sebelumnya, Jaksa Agung telah mengumumkan secara resmi di rumah dinasnya, Jalan Denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (29/4/2020), tentang pengangkatan Setia Untung Arimuladi sebagai Wakil Jaksa Agung. 
 
Untung ditunjuk sebagai Wakil Jaksa Agung, menggantikan Arminsyah yang sebelumnya diberitakan meninggal dunia pada 4 April lalu. Pengangkatan ini tertuang dalam Keputusan Presiden RI (Keppres) Nomor : 76/TPA Tahun 2020 tanggal 27 April 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari Dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Di Lingkungan Kejaksaan Agung.
 
Selain Untung, Keppres tersebut juga mengangkat dua pejabat eselon satu lainnya yakni, Tony Spontana sebagai Kabandiklat Kejaksaan RI yang baru dan Fadil Zumhana sebagai Staf Ahli pada Jamdatun.
 
Ketiga pejabat itu akan dilantik secara terbatas oleh Jaksa Agung di Aula Baharuddin Lopa Kejaksaan Agung RI, Senin (4/5/2020) mendatang.
 
Namun, pelantikan itu nantinya akan dilaksanakan sesuai prosedur kesehatan, mengingat masih dalam masa darurat pandemik Covid 19.(YDH) 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Sambut HBA Ke-61, Jamintel Sunarta Pimpin Ziarah Di TMP Kalibata

Wed, 21 Jul 2021 08:34:23pm

Foto: Jaksa Agung Muda Intelijen, Sunarta.  JURNAL BATAVIA - Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Kejaksaan RI, Dr Sunarta SH MH, Rabu pagi...

Bongkar Mega Korupsi Jiwasraya dan Asabri, Kejagung Diapresiasi Pengamat Hukum

Fri, 16 Jul 2021 06:32:49pm

Foto: Istimewa.      JURNAL BATAVIA - Kinerja Bidang Pidsus Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam membongkar dua mega skandal korupsi pada...

Jaga Kepercayaan Masyarakat, Penggeledahan Kantor Bank Harus Lebih Humanis

Fri, 2 Jul 2021 11:02:01pm

Ilustrasi.      JURNAL BATAVIA - Penggeledahan kantor salah satu bank BUMN di Medan oleh aparat penegak hukum yang dikawal polisi...

Persidangan Terdakwa Yuri Pratomo Terungkap Kesaksian Palsu

Wed, 16 Jun 2021 11:43:39pm

Foto: Ilustrasi     JURNAL BATAVIA - Dalam pembuktian pada persidangan dengan terdakwa Yuri Pranatomo di PN Denpasar pada Senin...

Ditengarai Terlibat Mafia Hukum, MA Diminta Awasi Ketua PN Batam

Thu, 10 Jun 2021 09:23:09am

Foto: Gedung Mahkamah Agung (MA) .   JURNAL BATAVIA-Ketua Mahkamah Agung RI, dan Kepala Bawas MA  dituntut aktif melakukan pengawasan...

Bukan Pertama Kalinya Ada Mafia Hukum di Kejati Kepri

Sun, 6 Jun 2021 11:11:22pm

Foto: Gedung Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau.    JURNAL BATAVIA-Dugaan praktek mafia hukum di tubuh Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau...

Bank Mega Diminta Ganti Rugi Dana Nasabah Akibat Dugaan Pembobolan Rp 33,45 Miliar

Tue, 25 May 2021 10:36:10pm

Foto: Ilustrasi.    JURNAL BATAVIA - Sembilan nasabah Bank Mega yang tabungannya diduga dibobol pejabat bank menuntut pimpinan dan pemilik bank...

Atlet Karate Indonesia Bertekad Tingkatkan Prestasi di Kejuaraan Internasional

Sun, 23 May 2021 12:21:43am

Manager Pelatnas Mayjen TNI Sapriadi.    JURNAL BATAVIA - PB FORKI terus bertekad meningkatkan prestasi para atlet karate di Indonesia....

Kejati Banten Sukses Mendorong Percepatan Investasi Sebesar 59 Triliun

Wed, 19 May 2021 09:46:13pm

Foto: Istimewa.      JURNAL BATAVIA - Keberhasilan demi keberhasilan terus ditunjukkan jajaran Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten. Tak cuma...

Purnawirawan, Istri, dan Warakawuri TNI AD di Wilayah Manokwari Papua Barat Mulai Divaksin AstraZeneca

Wed, 19 May 2021 10:00:20am

Foto: Pendam XVIII/Kasuari.   JURNAL BATAVIA - Menindaklanjuti perintah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa pada...

Berita Terbaru

Politik

Ekonomi & Bisnis

Visitor

Pengunjung Online          :   0
Pengunjung Hari Ini         :   3
Pengunjung Terakhir      :   3
Pengunjung Kemarin      :   9
Total Pengunjung               :   41255