Jurnal Batavia - Suara Aspirasi Publik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
IMG-20201008-WA0149

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han) saat memimpin upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang I TA 2020.

 

JURNAL BATAVIA-Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han) memimpin upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang I TA 2020 Kodam XVIII/Kasuari, di lapangan upacara Rindam XVIII/Kasuari, Distrik Momiwaren, Manokwari Selatan (Mansel), Papua Barat, Kamis (8/10/2020).

“Saya sudah mendapatkan laporan bahwa nilai sikap dan perilaku, jasmani militer, dan dari segi akademik kalian semua bagus. Hal ini menunjukkan bahwa memang kalian pantas untuk lulus,” kata Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa mengawali sambutan. 

“Kalianlah pemuda-pemuda Indonesia yang terpilih dari sekian banyak pemuda Indonesia pada tahun ini, yang bisa mengikuti pendidikan tentara dan bergabung dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat,” ucapnya menambahkan.

Selanjutnya, Pangdam XVIII/Kasuari mengajak kepada seluruh mantan siswa Dikmata TNI AD Gelombang I TA 2020 Kodam XVIII/Kasuari tersebut untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kalian adalah orang-orang pilihan dari Pemuda Indonesia. Kalian telah terpilih untuk menjadi Prajurit TNI AD. Jadi apa yang kalian dapatkan hari ini harus disyukuri, namun tetap tidak boleh sombong. Terbukti, apabila kalian punya tekad dan kemauan pasti semuanya akan bisa dilalui,” ungkap Mayjen Nyoman Cantiasa.

Momen hari ini, menurut Pangdam, adalah langkah awal untuk berkarir di TNI AD dan berarti mulai detik itu juga mereka (para lulusan Dikmata TNI AD Gel. I TA 2020 Kodam XVIII/Kasuari) telah mendapatkan gaji dan remunerasi.

“Dengan itu kalian harus membantu orang tua. Karena orang tua yang melahirkan dan membesarkan kalian. Jadi jangan pernah bosan untuk selalu mendoakan orang tua dan hormat kepada orang tua, apapun itu bentuknya,” pesannya.

“Tadi kalian sudah bersumpah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing bahwa kalian akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saya harap sumpah itu dipertanggungjawabkan, karena negara, rakyat telah memberikan gaji kepada kalian. Sebagai tentara, kalian harus melaksanakan tugas dengan baik, dimana pun kalian berada dan bertugas,” sambung Jenderal bintang dua, lulusan terbaik Akmil 1990 ini.

Juga dipesankan kepada prajurit baru di TNI AD hasil rekrutmen Kodam XVIII/Kasuari ini agar mereka selalu berbuat baik dan senantiasa menjaga hubungan baik dengan rakyat. Jangan menyakiti rakyat, karena Prajurit TNI adalah berasal dari rakyat.

“Kita adalah Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Profesional yang diajari bertempur, diberikan kepercayaan memegang senjata, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kalian harus siap untuk ditempatkan dimana saja,” pesan Pangdam.

Lebih lanjut dihadapan seluruh mantan siswa Dikmata TNI AD Gelombang I TA 2020 Kodam XVIII/Kasuari, Mayjen Nyoman Cantiasa memberikan penekanan terkait dengan semboyan Kodam XVIII/Kasuari “Patriot Pembela Rakyat”.

“Ingat, kita Prajurit Kodam XVIII/Kasuari punya semboyan “Patriot Pembela Rakyat. Maka kalian harus bela rakyat, tidak ada yang menyakiti rakyat, kau harus sayangi rakyat, karena kita berasal dari Rakyat,” ujarnya.

Diakhir amanatnya, Pangdam XVIII/Kasuari berpesan agar terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, memantapkan Etika Keprajuritan, serta memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI.

“Menjadi seorang Prajurit TNI harus bisa melaksanakan tugas di manapun berada. Jadi laksanakan tugas dengan baik. Mari kita terus tingkatkan profesionalisme, jaga kesehatan dan karena saat ini sedang ada pandemi Covid-19, maka saya minta kalian agar tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan,” tutup Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Untuk diketahui, Prajurit Siswa Dikmata TNI AD Gelombang I TA 2020 Kodam XVIII/Kasuari menjalani pendidikan di dua Rindam, yaitu 219 orang di Rindam XVIII/Kasuari dan 120 orang di Rindam XIV/Hasanuddin.

Usai pelaksanaan upacara penutupan dilanjutkan dengan pemberian bantuan 1 unit motor Viar dari Pangdam XVIII/Kasuari dan diterima langsung oleh Danrindam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Hardo Sihotang, kemudian penanaman pohon oleh Pangdam di sekitar Mako Rindam XVIII/Kasuari.

Hadir pada kegiatan pagi itu, Wakil Gubernur Prov Papua Barat, Kasdam XVIII/Ksr, Irdam, Kapoksahli Pangdam XVIII/Ksr, Danrindam, Bupati Mansel beserta unsur Forkopimda Kabupaten Mansel, serta para Asisten dan Kabalak Kodam XVIII/Ksr serta pejabat Rindam XVIII/Ksr.(Pendam XVIII/Kasuari)

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Sambut HBA Ke-61, Jamintel Sunarta Pimpin Ziarah Di TMP Kalibata

Wed, 21 Jul 2021 08:34:23pm

Foto: Jaksa Agung Muda Intelijen, Sunarta.  JURNAL BATAVIA - Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Kejaksaan RI, Dr Sunarta SH MH, Rabu pagi...

Bongkar Mega Korupsi Jiwasraya dan Asabri, Kejagung Diapresiasi Pengamat Hukum

Fri, 16 Jul 2021 06:32:49pm

Foto: Istimewa.      JURNAL BATAVIA - Kinerja Bidang Pidsus Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam membongkar dua mega skandal korupsi pada...

Jaga Kepercayaan Masyarakat, Penggeledahan Kantor Bank Harus Lebih Humanis

Fri, 2 Jul 2021 11:02:01pm

Ilustrasi.      JURNAL BATAVIA - Penggeledahan kantor salah satu bank BUMN di Medan oleh aparat penegak hukum yang dikawal polisi...

Persidangan Terdakwa Yuri Pratomo Terungkap Kesaksian Palsu

Wed, 16 Jun 2021 11:43:39pm

Foto: Ilustrasi     JURNAL BATAVIA - Dalam pembuktian pada persidangan dengan terdakwa Yuri Pranatomo di PN Denpasar pada Senin...

Ditengarai Terlibat Mafia Hukum, MA Diminta Awasi Ketua PN Batam

Thu, 10 Jun 2021 09:23:09am

Foto: Gedung Mahkamah Agung (MA) .   JURNAL BATAVIA-Ketua Mahkamah Agung RI, dan Kepala Bawas MA  dituntut aktif melakukan pengawasan...

Bukan Pertama Kalinya Ada Mafia Hukum di Kejati Kepri

Sun, 6 Jun 2021 11:11:22pm

Foto: Gedung Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau.    JURNAL BATAVIA-Dugaan praktek mafia hukum di tubuh Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau...

Bank Mega Diminta Ganti Rugi Dana Nasabah Akibat Dugaan Pembobolan Rp 33,45 Miliar

Tue, 25 May 2021 10:36:10pm

Foto: Ilustrasi.    JURNAL BATAVIA - Sembilan nasabah Bank Mega yang tabungannya diduga dibobol pejabat bank menuntut pimpinan dan pemilik bank...

Atlet Karate Indonesia Bertekad Tingkatkan Prestasi di Kejuaraan Internasional

Sun, 23 May 2021 12:21:43am

Manager Pelatnas Mayjen TNI Sapriadi.    JURNAL BATAVIA - PB FORKI terus bertekad meningkatkan prestasi para atlet karate di Indonesia....

Kejati Banten Sukses Mendorong Percepatan Investasi Sebesar 59 Triliun

Wed, 19 May 2021 09:46:13pm

Foto: Istimewa.      JURNAL BATAVIA - Keberhasilan demi keberhasilan terus ditunjukkan jajaran Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten. Tak cuma...

Purnawirawan, Istri, dan Warakawuri TNI AD di Wilayah Manokwari Papua Barat Mulai Divaksin AstraZeneca

Wed, 19 May 2021 10:00:20am

Foto: Pendam XVIII/Kasuari.   JURNAL BATAVIA - Menindaklanjuti perintah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa pada...

Berita Terbaru

Politik

Ekonomi & Bisnis

Visitor

Pengunjung Online          :   0
Pengunjung Hari Ini         :   17
Pengunjung Terakhir      :   25
Pengunjung Kemarin      :   30
Total Pengunjung               :   41209