Jurnal Batavia - Suara Aspirasi Publik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
IMG-20200922-WA0044

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa (kanan) dan Kapolda Papua Barat (kiri) saat Video Conference (Vicon) dengan para Dandim, Kapolres, KPU dan Bawaslu Daerah, serta bakal calon peserta Pilkada, terkait dengan persiapan menghadapi tahapan Pilkada, Selasa (22/9/2020). 

 

JURNAL BATAVIA-Di wilayah Kabupaten/Kota memiliki “Tiga Pilar Desa/Kelurahan”, yang terdiri dari Kepala desa/Lurah, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), dan Bintara Pembina Desa (Babinsa). Diharapkan Ketiga pilar ini kompak dalam bekerja dan membangun desanya.

Demikian arahan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa saat Video Conference (Vicon) dengan para Dandim, Kapolres, KPU dan Bawaslu Daerah, serta bakal calon peserta Pilkada, terkait dengan persiapan menghadapi tahapan Pilkada, Selasa (22/9/2020) yang digelar Polda Papua Barat di ruang Vicon Polda Papua Barat, Manokwari, Papua Barat.

Pangdam XVIII/Kasuari pun mengajak kepada para pemangku Tiga Pilar untuk sama-sama mendukung pesta demokrasi (pemilihan kepala daerah/Pilkada) dengan baik dan bermartabat.

Di antaranya dengan melakukan sosialisasi, pembinaan, pendampingan dan pengawasan terhadap masyarakat agar kegiatan ini berjalan aman, damai dan lancar.

“Sebagai aparat, baik dari Pemerintah yang dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa harus benar-benar kompak dalam bekerja mendorong masyarakat untuk mengikuti pesta demokrasi ini dengan baik melalui penggunaan hak pilihnya,” ucap Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han).

Lebih lanjut, Pangdam juga berharap kepada seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten/Kota agar bekerja keras dan memiliki komitmen bersama.

“Kita semua harus memiliki komitmen yang sama bila menginginkan pesta demokrasi di Wilayah dapat berjalan dengan aman, damai, lancar, sekaligus sehat dari penyebaran Covid-19,” kata Mayjen I Nyoman Cantiasa.

Kepada KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara Pilkada yang melaksanakan tugas-tugas di lapangan baik di tingkat Kabupaten/Kota, dipesankan agar profesional dalam melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab yang diamanahkan.

“Kita harus konsisten, harus betul-betul bisa dipercaya, dan juga harus tegas terhadap para Paslon (pasangan calon) yang ada di daerah masing-masing. Apabila pihak penyelenggara Pilkada ini tidak profesional dalam bekerja maka akan menimbulkan masalah bahkan konflik. Demikian juga halnya dengan para bakal calon peserta Pilkada. Kita semua harus bekerja sama dan saling mendukung dalam menyukseskan pesta demokrasi di Papua Barat ini,” ujar Pangdam.

Terkait dengan rangkaian Pilkada pada  Desember 2020 yang berlangsung di tengah-tengah merebaknya pandemi Covid-19,  Mayjen I Nyoman Cantiasa berpesan agar semua pihak tetap memedomani dan menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Kita berharap semuanya berjalan dengan sehat, aman, damai, dan lancar. Oleh karena itu, saya minta kepada para Dandim, Kapolres, KPU, Bawaslu, dan para Paslon harus benar-benar melaksanakan tugas dengan baik dan profesional sehingga semuanya berjalan sesuai yang kita harapkan bersama,” katanya.

Diakhir pekaksanaan Vicon, Pangdam XVIII/Kasuari menekankan tentang tugas TNI khususnya Kodam XVIII/Kasuari dalam pesta demokrasi ini adalah melaksanakan tugas pendisiplinan Protokol Kesehatan dalam rangka mewujudkan Pilkada yang aman, damai, dan lancar, serta sehat dari Covid-19.

“Saya mengimbau agar seluruh jajaran atau pihak-pihak yang terlibat di Kabupaten/Kota, Kodim, Koramil, dan Babinsa untuk menjadikan protokol kesehatan ini sebagai atensi (perhatian) khusus,” tutup Pangdam XVIII/Kasuari.

Hadir dalam Vicon terkait persiapan menghadapi tahapan Pilkada ini, Pangdam didampingi Asops dan Aster Kasdam XVIII/Kasuari, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing, S.I.K., M.Si., Kabinda Papua Barat, Kajati Papua Barat, para PJU Polda Papua Barat, perwakilan Pemda Provinsi Papua Barat, dan Bawaslu Papua Barat.(YDH)

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Bukan Pertama Kalinya Ada Mafia Hukum di Kejati Kepri

Sun, 6 Jun 2021 11:11:22pm

Foto: Gedung Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau.    JURNAL BATAVIA-Dugaan praktek mafia hukum di tubuh Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau...

Bank Mega Diminta Ganti Rugi Dana Nasabah Akibat Dugaan Pembobolan Rp 33,45 Miliar

Tue, 25 May 2021 10:36:10pm

Foto: Ilustrasi.    JURNAL BATAVIA - Sembilan nasabah Bank Mega yang tabungannya diduga dibobol pejabat bank menuntut pimpinan dan pemilik bank...

Atlet Karate Indonesia Bertekad Tingkatkan Prestasi di Kejuaraan Internasional

Sun, 23 May 2021 12:21:43am

Manager Pelatnas Mayjen TNI Sapriadi.    JURNAL BATAVIA - PB FORKI terus bertekad meningkatkan prestasi para atlet karate di Indonesia....

Kejati Banten Sukses Mendorong Percepatan Investasi Sebesar 59 Triliun

Wed, 19 May 2021 09:46:13pm

Foto: Istimewa.      JURNAL BATAVIA - Keberhasilan demi keberhasilan terus ditunjukkan jajaran Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten. Tak cuma...

Purnawirawan, Istri, dan Warakawuri TNI AD di Wilayah Manokwari Papua Barat Mulai Divaksin AstraZeneca

Wed, 19 May 2021 10:00:20am

Foto: Pendam XVIII/Kasuari.   JURNAL BATAVIA - Menindaklanjuti perintah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa pada...

Ketum Partai UKM Pecat Sekjen Syafruddin Budiman

Sun, 9 May 2021 02:20:48pm

Istimewa.  JURNAL BATAVIA - Partai Usaha Kecil Menengah (UKM) kini dilanda konflik internal. Konflik terjadi antara Ketua Umum Partai...

Korban Mafia Tanah Minta Perlindungan Hukum Kapolri dan Jaksa Agung

Thu, 15 Apr 2021 05:46:57pm

Foto: Istimewa.    JURNAL BATAVIA - Seorang Pencari Kadilan, Zaenal Tayeb, korban mafia hukum di kepolisian dan kejaksaan  wilayah Bali,...

Bidang Intelijen Kejaksaan Agung Optimis Raih Predikat Zona Integritas WBK Dan WBBM

Wed, 7 Apr 2021 10:42:09pm

Wakil Jaksa Agung, Setia Untung Arimuladi.    JURNAL BATAVIA - Satuan kerja (Satker) pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (Jamintel)...

PN Teluk Kuantan Kabulkan Gugatan Praperadilan Kepala BPKAD Kuansing

Mon, 5 Apr 2021 05:45:30pm

Logo Pengadilan Negeri Teluk Kuantan.    JURNAL BATAVIA-Hakim Pengadilan Negeri Teluk Kuantan, Riau mengabulkan gugatan praperadilan  yang...

Anomali Presidenthial Treshold Dalam Negara Demokrasi 

Sun, 14 Mar 2021 12:19:58pm

Oleh: Muhammad Hasan Basri Peneliti Indonesia Justice Watch   JURNAL BATAVIA - Presidenthial Threshold (ambang batas) merupakan syarat...

Berita Terbaru

Politik

Ekonomi & Bisnis

Visitor

Pengunjung Online          :   0
Pengunjung Hari Ini         :   48
Pengunjung Terakhir      :   49
Pengunjung Kemarin      :   203
Total Pengunjung               :   36703