Jurnal Batavia - Suara Aspirasi Publik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
IMG-20200922-WA0044

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa (kanan) dan Kapolda Papua Barat (kiri) saat Video Conference (Vicon) dengan para Dandim, Kapolres, KPU dan Bawaslu Daerah, serta bakal calon peserta Pilkada, terkait dengan persiapan menghadapi tahapan Pilkada, Selasa (22/9/2020). 

 

JURNAL BATAVIA-Di wilayah Kabupaten/Kota memiliki “Tiga Pilar Desa/Kelurahan”, yang terdiri dari Kepala desa/Lurah, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), dan Bintara Pembina Desa (Babinsa). Diharapkan Ketiga pilar ini kompak dalam bekerja dan membangun desanya.

Demikian arahan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa saat Video Conference (Vicon) dengan para Dandim, Kapolres, KPU dan Bawaslu Daerah, serta bakal calon peserta Pilkada, terkait dengan persiapan menghadapi tahapan Pilkada, Selasa (22/9/2020) yang digelar Polda Papua Barat di ruang Vicon Polda Papua Barat, Manokwari, Papua Barat.

Pangdam XVIII/Kasuari pun mengajak kepada para pemangku Tiga Pilar untuk sama-sama mendukung pesta demokrasi (pemilihan kepala daerah/Pilkada) dengan baik dan bermartabat.

Di antaranya dengan melakukan sosialisasi, pembinaan, pendampingan dan pengawasan terhadap masyarakat agar kegiatan ini berjalan aman, damai dan lancar.

“Sebagai aparat, baik dari Pemerintah yang dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa harus benar-benar kompak dalam bekerja mendorong masyarakat untuk mengikuti pesta demokrasi ini dengan baik melalui penggunaan hak pilihnya,” ucap Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han).

Lebih lanjut, Pangdam juga berharap kepada seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten/Kota agar bekerja keras dan memiliki komitmen bersama.

“Kita semua harus memiliki komitmen yang sama bila menginginkan pesta demokrasi di Wilayah dapat berjalan dengan aman, damai, lancar, sekaligus sehat dari penyebaran Covid-19,” kata Mayjen I Nyoman Cantiasa.

Kepada KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara Pilkada yang melaksanakan tugas-tugas di lapangan baik di tingkat Kabupaten/Kota, dipesankan agar profesional dalam melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab yang diamanahkan.

“Kita harus konsisten, harus betul-betul bisa dipercaya, dan juga harus tegas terhadap para Paslon (pasangan calon) yang ada di daerah masing-masing. Apabila pihak penyelenggara Pilkada ini tidak profesional dalam bekerja maka akan menimbulkan masalah bahkan konflik. Demikian juga halnya dengan para bakal calon peserta Pilkada. Kita semua harus bekerja sama dan saling mendukung dalam menyukseskan pesta demokrasi di Papua Barat ini,” ujar Pangdam.

Terkait dengan rangkaian Pilkada pada  Desember 2020 yang berlangsung di tengah-tengah merebaknya pandemi Covid-19,  Mayjen I Nyoman Cantiasa berpesan agar semua pihak tetap memedomani dan menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Kita berharap semuanya berjalan dengan sehat, aman, damai, dan lancar. Oleh karena itu, saya minta kepada para Dandim, Kapolres, KPU, Bawaslu, dan para Paslon harus benar-benar melaksanakan tugas dengan baik dan profesional sehingga semuanya berjalan sesuai yang kita harapkan bersama,” katanya.

Diakhir pekaksanaan Vicon, Pangdam XVIII/Kasuari menekankan tentang tugas TNI khususnya Kodam XVIII/Kasuari dalam pesta demokrasi ini adalah melaksanakan tugas pendisiplinan Protokol Kesehatan dalam rangka mewujudkan Pilkada yang aman, damai, dan lancar, serta sehat dari Covid-19.

“Saya mengimbau agar seluruh jajaran atau pihak-pihak yang terlibat di Kabupaten/Kota, Kodim, Koramil, dan Babinsa untuk menjadikan protokol kesehatan ini sebagai atensi (perhatian) khusus,” tutup Pangdam XVIII/Kasuari.

Hadir dalam Vicon terkait persiapan menghadapi tahapan Pilkada ini, Pangdam didampingi Asops dan Aster Kasdam XVIII/Kasuari, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing, S.I.K., M.Si., Kabinda Papua Barat, Kajati Papua Barat, para PJU Polda Papua Barat, perwakilan Pemda Provinsi Papua Barat, dan Bawaslu Papua Barat.(YDH)

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Kejagung Periksa ES dan 7 Direksi Perusahaan Sekuritas

Fri, 26 Feb 2021 07:54:13am

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak.    JURNAL BATAVIA-Tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus)...

Menuju Zona Integritas WBBM, Jampidum Ajak Jajarannya Mengubah Paradigma Lama

Wed, 24 Feb 2021 03:43:50pm

Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum), Fadil Zumhana bersama Sekretaris Jampidum Yunan Harjaka dan jajaran Direktur Bidang Pidana Umum saat...

Koramil 06/Setiabudi Laksanakan PPKM, Danramil: Untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Tue, 23 Feb 2021 12:18:33pm

Istimewa.    JURNAL BATAVIA - Koramil 06/ Setiabudi, Kodim 0504/Jakarta Selatan tidak henti-hentinya melaksanakan penerapan protokol...

Membumikan Pancasila Adalah Elemen Penting Sistem Ketahanan

Fri, 12 Feb 2021 05:36:15pm

Kuliah ilmu Pancasila dan Pemantapan Nilai Nilai Kebangsaan di Jakarta Pusat, Rabu (10/2/2021).     JURNAL BATAVIA-Tenaga Profesional...

Kejari Kota Bogor Hentikan Penuntutan Ustad Maheer

Wed, 10 Feb 2021 06:09:19pm

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak.  JURNAL BATAVIA- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor...

Adam Damiri Ditetapkan Tersangka, Pengacara Pertanyakan Keabsahan Barang Bukti

Wed, 10 Feb 2021 11:17:19am

Pengacara Tonin Tachta Singarimbun.      JURNAL BATAVIA-Penetapan mantan Direktur Utama PT Asabri, Adam Rachmat Damiri sebagai...

Konfederasi Buruh Optimistis Dana Peserta BPJS Naker Aman

Mon, 8 Feb 2021 03:16:24pm

Konferensi pers virtual oleh tiga konfederasi buruh terkait penyidikan dugaan korupsi BPJS Ketenagakerjaan oleh Kejaksaan Agung...

Diduga Rugikan Negara 23,7 Triliun, Kejagung Sasar Tersangka Lain Kasus Asabri

Thu, 4 Feb 2021 09:53:13pm

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kejagung), Leonard Eben Ezer Simanjuntak.    JURNAL BATAVIA-Tim penyidik pidana khusus...

Kejari Pulang Pisau Tuntaskan Tiga Perkara Tipikor

Fri, 29 Jan 2021 06:01:55pm

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pulang Pisau, Triono Rahyudi (tengah).  JURNAL BATAVIA-Kejaksaan Negeri (Kejari) Pulang Pisau Kalimantan Tengah...

Kejari Pulang Pisau Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi

Fri, 29 Jan 2021 05:19:19pm

Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau, Triono Rahyudi beserta jajarannya. Istimewa.      JURNAL BATAVIA-Kejaksaan Negeri Pulang Pisau (Pulpis)...

Berita Terbaru

Politik

Ekonomi & Bisnis

Visitor

Pengunjung Online          :   0
Pengunjung Hari Ini         :   33
Pengunjung Terakhir      :   55
Pengunjung Kemarin      :   368
Total Pengunjung               :   26378