Jurnal Batavia - Suara Aspirasi Publik
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
IMG-20200427-WA0053

Istimewa.

JURNAL BATAVIA-PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) sekaligus kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) di bawah pengawasan SKK Migas, telah menyalurkan bantuan senilai lebih dari Rp 2 miliar sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap kondisi pandemik dalam penanganan COVID-19.

Bantuan diberikan kepada rumah sakit rujukan, pemerintah daerah, relawan, dan masyarakat terdampak COVID-19, beberapa di antaranya melibatkan mitra binaan program CSR perusahaan.

Public Relations Manager PT Pertamina EP, Hermansyah Y Nasroen dalam keterangan tertulis, Senin (27/4/2020), ada beberapa jenis bantuan yang diberikan perusahaan di sembilan provinsi. Jenis bantuan yang diberikan adalah Alat Pelindung Diri (APD), hand sanitizer, paket disinfektan, masker, paket sembako, dan paket alat pendukung kesehatan.

“Hingga 21 April 2020, kami telah memberikan bantuan 5.915 hand sanitizer berbagai ukuran dari 50 mililiter hingga 5 liter, 189 paket disinfektan berikut peralatannya, 24.725 masker, 4.501 berbagai macam jenis APD, 2.414 paket sembako termasuk vitamin, susu, dan jamu herbal serta 78 paket alat pendukung Kesehatan termasuk thermometer dan media sosialisasi spanduk imbauan,” ujar Hermansyah.

Sebelumnya, Selasa (21/4/2020), Pertamina EP menyerahkan bantuan kepada PT Pertamina Bina Medika IHC. Bantuan yang diberikan berupa Set APD, hand sanitizer, masker medis, dan cairan disinfektan.

Hermansyah berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi tenaga medis. Pemberian bantuan ini juga dapat memotivasi semangat tenaga medis untuk bekerja secara maksimal dengan perlindungan yang memadai.

“Tentunya, ini juga merupakan bentuk kepedulian perusahan terhadap kondisi pandemik, khususnya kepada para pejuang tenaga kesehatan yang mendedikasikan diri untuk Kesehatan masyarakat khususnya dalam penanganan pandemic covid 19 ini,” ujarnya.

Direktur Keuangan Pertamina Bina Medika, Catur Dermawan mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas bantuan yang diterima dari Pertamina EP. 

Dengan kondisi saat ini, bantuan yang didapat sangat membantu para tenaga medis.

“Dengan risiko bahaya terpaparnya  para tenaga medis yang berhadapan dengan para pasien, bantuan ini amat bermanfaat dan berguna,” ujarnya.

Bantuan Pertamina EP ke Pertamina Bina Medika diserahkan langsung ke Rumah Sakit Pertamina Jaya dan Klinik Pertamina Sinabung Jakarta. 

Sebagian produk bantuan berupa APD untuk rumah sakit tersebut hasil dari tangan-tangan terampil LKP Assholahiyah  Karawang binaan Pertamina EP Asset 3 Subang Field yang dikoordinasikan oleh Siti Marini.

“Kami mengikuti spesifikasi dan bahan yang disyaratkan untuk digunakan petugas medis. Alhamdulillah, kami kebanjiran order, tidak hanya dari Karawang tapi juga dari Pertamina Group dan instansi lain,” kata Siti.

Pelibatan mitra binaan program CSR dalam penanganan COVID-19 juga dilakukan oleh Pertamina EP Asset 1 Jambi Field yang memproduksi masker batik. Tinah, Koordinator Kelompok Batik Serumpun Berlian binaan Pertamina EP Asset 1 Jambi Field, mengatakan kondisi pesanan bahan atau pakaian turun sejak COVID-19 melanda.

“Berkat anjuran pemerintah menggunakan masker kain, kami ubah bahan batik yang diproduksi menjadi masker kain berbagai macam motif khas Jambi yang aman dan nyaman digunakan,” katanya.

Sejumlah mitra binaan CSR Pertamina EP juga berpartisipasi dalam mendukung pencegahan COVID-19 seperti masker kain Saripah Aini melalui Galeri Ajang Ambe di Rantau Field, masker kain Nur Jannah melalui Kelompok Serasi di Pangkalan Susu Field, Obat Herbal Ruth Berliana melalui Kelompok Toga Lestari Ramba Field, Masker Kain Pancasunu melalui Kelompok Batik Pratiwi Krajan Cepu Field, dan lainnya.

Sebelumnya, Pertamina EP juga memberikan bantuan berupa baju hazmat disposable sebanyak 300 unit kepada RSUD Kota Bandung. Mulyadi, Direktur Utama RSUD Kota Bandung, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pemberian bantuan dari Pertamina EP. Bantuan Pertamina EP diterima oleh Kepala Bagian Umum RSUD Kota Bandung Supratman dan Kepala Seksi Penunjang Diagnostik dan Terapi RSUD Kota Bandung pada Jumat (17/4/2020) siang. 

Menurut Mulyadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 13 April 2020 telah menetapkan RSUD Kota Bandung menjadi salah satu  rumah sakit rujukan dalam penanggulangan wabah Covid-19. Karena itu, RSUD Kota Bandung akan terus memerlukan Alat Pelindung Diri (APD) yang cukup dalam pelaksanaannya.

“Kami berharap semua APD ini akan selalu bisa terpenuhi.” ujarnya.(IND)

 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

Sambut HBA Ke-61, Jamintel Sunarta Pimpin Ziarah Di TMP Kalibata

Wed, 21 Jul 2021 08:34:23pm

Foto: Jaksa Agung Muda Intelijen, Sunarta.  JURNAL BATAVIA - Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Kejaksaan RI, Dr Sunarta SH MH, Rabu pagi...

Bongkar Mega Korupsi Jiwasraya dan Asabri, Kejagung Diapresiasi Pengamat Hukum

Fri, 16 Jul 2021 06:32:49pm

Foto: Istimewa.      JURNAL BATAVIA - Kinerja Bidang Pidsus Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam membongkar dua mega skandal korupsi pada...

Jaga Kepercayaan Masyarakat, Penggeledahan Kantor Bank Harus Lebih Humanis

Fri, 2 Jul 2021 11:02:01pm

Ilustrasi.      JURNAL BATAVIA - Penggeledahan kantor salah satu bank BUMN di Medan oleh aparat penegak hukum yang dikawal polisi...

Persidangan Terdakwa Yuri Pratomo Terungkap Kesaksian Palsu

Wed, 16 Jun 2021 11:43:39pm

Foto: Ilustrasi     JURNAL BATAVIA - Dalam pembuktian pada persidangan dengan terdakwa Yuri Pranatomo di PN Denpasar pada Senin...

Ditengarai Terlibat Mafia Hukum, MA Diminta Awasi Ketua PN Batam

Thu, 10 Jun 2021 09:23:09am

Foto: Gedung Mahkamah Agung (MA) .   JURNAL BATAVIA-Ketua Mahkamah Agung RI, dan Kepala Bawas MA  dituntut aktif melakukan pengawasan...

Bukan Pertama Kalinya Ada Mafia Hukum di Kejati Kepri

Sun, 6 Jun 2021 11:11:22pm

Foto: Gedung Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau.    JURNAL BATAVIA-Dugaan praktek mafia hukum di tubuh Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau...

Bank Mega Diminta Ganti Rugi Dana Nasabah Akibat Dugaan Pembobolan Rp 33,45 Miliar

Tue, 25 May 2021 10:36:10pm

Foto: Ilustrasi.    JURNAL BATAVIA - Sembilan nasabah Bank Mega yang tabungannya diduga dibobol pejabat bank menuntut pimpinan dan pemilik bank...

Atlet Karate Indonesia Bertekad Tingkatkan Prestasi di Kejuaraan Internasional

Sun, 23 May 2021 12:21:43am

Manager Pelatnas Mayjen TNI Sapriadi.    JURNAL BATAVIA - PB FORKI terus bertekad meningkatkan prestasi para atlet karate di Indonesia....

Kejati Banten Sukses Mendorong Percepatan Investasi Sebesar 59 Triliun

Wed, 19 May 2021 09:46:13pm

Foto: Istimewa.      JURNAL BATAVIA - Keberhasilan demi keberhasilan terus ditunjukkan jajaran Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten. Tak cuma...

Purnawirawan, Istri, dan Warakawuri TNI AD di Wilayah Manokwari Papua Barat Mulai Divaksin AstraZeneca

Wed, 19 May 2021 10:00:20am

Foto: Pendam XVIII/Kasuari.   JURNAL BATAVIA - Menindaklanjuti perintah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa pada...

Berita Terbaru

Politik

Ekonomi & Bisnis

Visitor

Pengunjung Online          :   0
Pengunjung Hari Ini         :   2
Pengunjung Terakhir      :   2
Pengunjung Kemarin      :   9
Total Pengunjung               :   41254