Jurnal Batavia - Suara Aspirasi Publik

Hari ke-5 Pasca Banjir, Pertamina Kerahkan Relawan Kerja Bakti Bersama Masyarakat

Sun, 5 Jan 2020 11:46:21pm Jurnal Batavia
Dibaca 8 Kali
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
IMG-20200105-WA0082

Pertamina bersama warga melakukan kegiatan bersih-bersih pasca musibah banjir yang merendam sejumlah wilayah di Jakarta. Istimewa.

JURNAL BATAVIA-Memasuki hari ke-5 melayani masyarakat terdampak banjir, Pertamina terus memperluas jangkauan dan jenis bantuan kepada masyarakat di Jakarta, Tangerang dan Bekasi yang tertimpah bencana banjir awal tahun 2020.

Pertamina sebagai koordinator BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) bersama BUMN lainnya melakukan Kerja Bakti di Kelurahan Sukapura Jakarta Utara. 

Selain menyumbangkan peralatan kebersihan, bersama dengan masyarakat sekitar, Dinas Kebersihan Pemkot Jakarta Utara dan Satpol PP, 46 relawan Pertamina yang berasal dari Kantor Pusat, Pertamina MOR III, Pertamina Patra Niaga, PT Pertamina Gas (Pertagas), PT Pertamina Lubricant dan PT PGN (Persero) terjun langsung membantu masyarakat memperbaiki lingkungan sekitar seperti membersihkan saluran air yang tersumbat dan jalanan dari sampah banjir.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan Pertamina Group dan BUMN lain yakni Pelindo, Pelni dan Pegadaian mengupayakan berbagai kegiatan dan bantuan untuk meringankan beban warga Jakarta dan sekitarnya yang terkena musibah banjir. Selama lima hari ini, total bantuan yang telah disalurkan mencapai Rp 671,8 juta. 

“Kerja bakti ini dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan pasca banjir, agar masyarakat bisa kembali beraktivitas secara normal,” ujarnya.

Sebelumnya, tambah Fajriyah, Pertamina Group juga telah menyalurkan berbagai jenis bantuan logistik di antaranya makanan siap saji, susu, biskuit, kebutuhan sehari-hari seperti popok bayi, selimut, kasur lipat, dan perlengkapan kebersihan. Untuk kebutuhan posko dan dapur umum juga disalurkan Bright Gas.

Adapun untuk melayani kebutuhan masyarakat yang terkena gangguan kesehatan, Pertamina menerjunkan tim medis dari PT Pertamedika IHC. Pemeriksaan kesehatan dilakukan di Kelurahan Kapuk Muara dan Kamal Muara bersinergi dengan tim medis Puskesmas Kecamatan Penjaringan. 

“Melalui layanan kesehatan Pertamedika mendirikan posko medis di wilayah Kapuk Muara dan Teluk Intan. Hingga saat ini, jumlah pasien yang telah terlayani sebanyak 287 orang” ungkapnya.

Untuk menangani kendaraan terdampak banjir, masyarakat di Kelurahan Semper, Cilincing Jakarta Utara dapat mendatangi posko layanan ganti oli gratis Pertamina dengan menunjukkan foto kendaraan yang terendam banjir. 

Menurut Fajriyah, Pertamina Lubricant telah membuka tiga titik layanan ganti oli yakni Bengkel PUJ, Enduro Express Matahari Motor Semper dan Lubecare di Kantor Kelurahan Semper Barat. 

Pelayanan Ganti Oli di Lubecare Mobile Service di Kelurahan Semper diberikan untuk 200 motor. Adapun di Enduro Express Matahari Semper untuk 50 motor dan di Pabrik Production Unit sebanyak 70 motor. Program ini, berlangsung Senin-Selasa (6 – 7 Januari 2020) atau hingga program habis. 

“Kami sangat peduli dengan kondisi masyarakat yang tertimpah bencana. Sehingga seluruh komponen perusahaan turut membantu warga, baik bahan bakar, logistik, kesehatan termasuk kendaraan mereka,”imbuh Fajriyah.

Hingga saat ini, Pertamina Group meliputi Pertamina MOR III Wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Tangerang, PT PGN (Persero), PT Pertamina Lubricant, dan PT Pertamedika IHC telah menjangkau masyarakat Jakarta Utara, khususnya di Kelurahan Sukapura, Kelurahan Semper Barat, dan Kelurahan Muara Kapuk.  

Selebihnya bantuan juga diperluas ke Jaktim, Jaksel, Jakpus dan Jakbar serta Tangerang dan Bekasi. Untuk Kelurahan Pengadegan Jakarta Selatan, Pertamina MOR III menyalurkan bantuan makanan, logistik dan obat-obatan. Di Kelurahan Jati Kramat, Jatiasih, Bekasi juga didirikan Posko Banjir yang berlokasi di RW 010.

“Selain menyediakan makanan jadi, kebutuhan bayi, dan obat-obatan, Posko banjir Pertamina di Jati Kramat juga menyediakan peralatan kebersihan seperti seperti kain pel, sapu lidi, karbol, pengki plastik, ember, gayung, sikat, dan trash bag. Bantuan peralatan ini dapat digunakan masyarakat sekitar untuk membersihkan rumah mereka dari lumpur bekas banjir,” kata Fajriyah.

Fajriyah menuturkan, selain bantuan yang dilakukan Pertamina Group, bersama BUMN lainnya juga ikut berkontribusi di Posko Bersama Banjir Jakarta Utara, khususnya di Kelurahan Sukapura, Kelurahan Semper Barat, Kelurahan Muara Kapuk, Kelurahan Rorotan, Kelurahan Pegangsaan Dua dan Kelurahan Pejagalan.  

“Selain kebutuhan makanan siap saja, logistik, serta layanan ganti oli gratis, Pertamina juga memberikan dukungan bahan bakar LPG jenis Bright Gas ukuran 12 kg totalnya mencapai 230 tabung untuk kebutuhan Dapur Umum di posko bersama BUMN Peduli dan Posko BPBD di Kantor Walikota Jakarta Utara,” pungkasnya.(IND)

 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed

PN Teluk Kuantan Kabulkan Gugatan Praperadilan Kepala BPKAD Kuansing

Mon, 5 Apr 2021 05:45:30pm

Logo Pengadilan Negeri Teluk Kuantan.    JURNAL BATAVIA-Hakim Pengadilan Negeri Teluk Kuantan, Riau mengabulkan gugatan praperadilan  yang...

Anomali Presidenthial Treshold Dalam Negara Demokrasi 

Sun, 14 Mar 2021 12:19:58pm

Oleh: Muhammad Hasan Basri Peneliti Indonesia Justice Watch   JURNAL BATAVIA - Presidenthial Threshold (ambang batas) merupakan syarat...

Kajari Pangkalpinang Jefferdian Gelar Vaksinasi Covid-19

Wed, 10 Mar 2021 09:52:26am

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pangkalpinang, Jefferdian SH MH, saat memimpin langsung jajarannya melaksanakan suntikan vaksinasi Covid -19. Foto:...

Tertarik Dengan Bisnis Raja Molen, Wakil Ketua BUMDes Tawarkan Kerjasama

Sat, 27 Feb 2021 05:22:42pm

Istimewa.    JURNAL BATAVIA - Pemantapan kerjasama BUMdes Badan Usaha Milik Desa, mitra usaha Desa Sindangkempeng Kecamatan Greged Kabupaten...

Kejagung Periksa ES dan 7 Direksi Perusahaan Sekuritas

Fri, 26 Feb 2021 07:54:13am

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak.    JURNAL BATAVIA-Tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus)...

Menuju Zona Integritas WBBM, Jampidum Ajak Jajarannya Mengubah Paradigma Lama

Wed, 24 Feb 2021 03:43:50pm

Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum), Fadil Zumhana bersama Sekretaris Jampidum Yunan Harjaka dan jajaran Direktur Bidang Pidana Umum saat...

Koramil 06/Setiabudi Laksanakan PPKM, Danramil: Untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Tue, 23 Feb 2021 12:18:33pm

Istimewa.    JURNAL BATAVIA - Koramil 06/ Setiabudi, Kodim 0504/Jakarta Selatan tidak henti-hentinya melaksanakan penerapan protokol...

Membumikan Pancasila Adalah Elemen Penting Sistem Ketahanan

Fri, 12 Feb 2021 05:36:15pm

Kuliah ilmu Pancasila dan Pemantapan Nilai Nilai Kebangsaan di Jakarta Pusat, Rabu (10/2/2021).     JURNAL BATAVIA-Tenaga Profesional...

Kejari Kota Bogor Hentikan Penuntutan Ustad Maheer

Wed, 10 Feb 2021 06:09:19pm

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak.  JURNAL BATAVIA- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor...

Adam Damiri Ditetapkan Tersangka, Pengacara Pertanyakan Keabsahan Barang Bukti

Wed, 10 Feb 2021 11:17:19am

Pengacara Tonin Tachta Singarimbun.      JURNAL BATAVIA-Penetapan mantan Direktur Utama PT Asabri, Adam Rachmat Damiri sebagai...

Berita Terbaru

Politik

Ekonomi & Bisnis

Visitor

Pengunjung Online          :   0
Pengunjung Hari Ini         :   7
Pengunjung Terakhir      :   10
Pengunjung Kemarin      :   740
Total Pengunjung               :   30372